Langsung ke konten utama

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai

Pengertian intranet, ekstranet dan VPN serta komponen jaringan



Intranet adalah jaringan privat internal dalam sebuah organisasi yang menggunakan infrastruktur serta standar internet dan web.

Ekstranet merupakan intranet privat yang tidak hanya menghubungkan personel internal, tetapi juga pemasok terpilih dan pihak-pihak lain yang dipandang strategis.

Virtual Privat Network yaitu jaringan privat yang menggunakan jaringan publik (biasanya internet) untuk menghubungkan lokasi-lokasi yang berjauhan. Intranet, ekstranet, dan LAN sebuah perusahaan bisa menjadi komponen VPN.

Lalu apa saja komponen jaringan ?
  • Koneksi kabel atau nirkabel, koneksi kabel bisa berupa kabel coaxial, kabel UTP, atau kabel serat optik. Koneksi nirkabel bisa berupa infra merah, microwave (semisal Bluetooth), Wifi, atau satelit.
  • Host dan Node, jaringan client/server memiliki komputer host yakni mainframe atau komputer pusat skala menengah yang mengontrol jaringan. Piranti yang lain disebut node. Node adalah piranti apapun yang dipasang pada jaringan. Misalnya mikrokomputer, terminal, alat penyimpanan dan printer.
  • Paket, pesan elektronik terkirim dalam bentuk paket. Paket adalah blok data berukuran tertentu untuk ditransmisikan. Komputer pengirim membagi-bagi pesan elektronik dalam bentuk paket, dan masing-masing paket biasanya berisi 1000 sampai 1500 byte.
  • Protokol atau protokol komunikasi adalah sekumpulan aturan yang mengatur pertukaran data antarkomponen perangkat keras dan atau perangkat lunak dalam jaringan komunikasi. Setiap piranti yang terhubung ke jaringan memiliki alamat internet protokol (IP) sehingga komputer lain di jaringan dapat mengirim data ke alamat tersebut dengan tepat. Peranti pengirim dan penerima harus mengikuti protokol yang sama.
BACA JUGA
Kemudian apa saja peranti penghubung jaringan ?
  • HUB merupakan titik koneksi semua peranti di jaringan, lokasi mengumpulnya data yang datang dari satu arah atau lebih dan diteruskan ke satu arah yang lain atau lebih.
  • Switch adalah peranti yang menghubungkan komputer ke jaringan. Tidak seperti hub, switch hanya mengirim pesan pada komputer yang dituju saja.
  • Bridge adalah sebuah antarmuka untuk menghubungkan jaringan yang jenisnya sama. Misalnya dua LAN yang serupa digabungkan untuk membentuk LAN yang lebih besar.
  • Gateway merupakan antarmuka yang memungkinkan komunikasi antar jaringan yang tidak sama. Misalnya antara LAN dan WAN atau antar dua LAN yang memiliki sistem operasi jaringan atau struktur berbeda. Gateway bisa berupa hardware, software, atau kombinasi keduannya.
  • Router adalah komputer khusus yang bertugas untuk mengarahkan pesan komunikasi ketika beberapa jaringan terhubung bersama.
  • Backbone bisa dikatakan sebagai "jalan raya" utama, termasuk gateway, router, dan peralatan komunikasi lain yang menghubungkan seluruh jaringan komputer dalam sebuah organisasi. Disebut internet backbone karena menghubungkan elemen-elemen internet yang lain.
Network Interface Card memungkinkan komputer untuk mengirim dan menerima pesan melalui jaringan kabel.

Sistem operasi jaringan atau Network Operating System adalah perangkat lunak sistem yang mengelola aktivitas jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai

Siklus hidup pengembangan sistem (SDLC)

Siklus hidup pengembangan sistem adalah proses langkah demi langkah yang diikuti oleh banyak organisasi selama analisis dan desain sistem. Berikut enam fase dalam analisis dan desain sistem : Melakukan investigasi awal  meliputi analisis awal, mengajukan solusi-solusi alternatif, mendeskripsikan biaya dan keuntungan, menyerahkan rencana awal. Menganalisis sistem  seperti mengumpulkan data, menganalisis data, menulis laporan. Mendesain sistem, diantaranya membuat desain awal, membuat desain yang detail, menulis laporan. Mengembangkan sistem, seperti mengembangkan atau mendapatkan perangkat lunak, mendapatkan perangkat keras, pengujian unit, pengujian sistem. Mengimplementasikan sistem, diantaranya implementasi langsung, implementasi pararel, implementasi bertahap, implementasi pilot, melatih pengguna. Memelihara sistem adalah menyesuaikan dan meningkatkan sistem dengan cara melakukan audit dan evaluasi secara periodik dan dengan membuat perubahan berdasarkan kondisi-kondisi baru. Sekian

Cara mengamankan komputer dan komunikasi

Sebelum masuk ke bagaimana cara mengamankan komputer dan komunikasi ? Kita akan mulai dari arti atau maksud dari keamanan itu sendiri. Keamanan adalah sistem penjagaan keamanan untuk melindungi teknologi informasi dari kerusakan, kegagalan sistem, dan akses yang tidak berwenang yang bisa mengakibatkan kehancuran atau kerugian. Berikut adalah cara untuk menjaga keamanan : Mencegah kejahatan komputer yaitu dengan cara memperkuat hukum, membuat tim respon komputer ketika ada kondisi darurat, install software yang mampu mendeteksi adanya aktivitas yg mencurigakan atau penyaring internet, melakukan pengawasan elektronik. Identifikasi dan akses . Pastikan user yang mengakses komputer adalah user yang memiliki hak akses yang sah yang dibuktikan dengan identitas seperti pin dan password atau biometrik (sidik jari). Enkripsi adalah proses mengubah data yang bisa dibaca ke dalam bentuk yang tidak bisa dibaca untuk mencegah akses dari orang yang tidak berhak. Melindungi perangkat lunak dan dat