Langsung ke konten utama

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai

Tempat diskusi online dan etika ketika melakukan percakapan online


Newsgroup adalah forum elektronik dimana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Terdapat ribuan forum di internet gratis dengan jumlah topik  yang sangat banyak. Ada juga yang berbayar semisal Meganetnews.com dan Corenews.com memungkinkan kita untuk mengakses lebih dari 100.000 newsgroup di seluruh dunia.

Listserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi yang sama. Contoh perusahaan Listserv adalah L-Soft's Listserv (www.lsoft.com) dan lain-lain.

BACA JUGA :

Real Time Chat adalah diskusi yang dilakukan ketika online pada waktu yang sama, seperti telepon namun tidak menggunakan lisan tapi menggunakan tulisan.

Ada beberapa aturan atau etika ketika melakukan percakapan online :

  1. Kunjungi FAQ (Frequently Asked Questions) atau daftar pertanyaan yang sering diajukan. FAQ menjelaskan norma-norma perilaku online pada group tertentu. Selalu baca FAQ pertama kali sebelum ada orang di forum yang memberitahu bahwa kita melakukan kesalahan.
  2. Hindari Flaming, flaming adalah tulisan pesan online yang menggunakan bahasa yang tidak sopan, bernada tinggi, atau berisi penghinaan. Flaming merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan seseorang karena ia gagal memahami FAQ atau memang tidak mau menjalankan net-etiket (meski hal tersebut bisa terjadi karena si pengirim tidak bisa mengontrol emosinya). Ada sesuatu yang berfungsi untuk memperlancar komunikasi online yaitu emoticon, pernyataan/ekspresi bergambar melalui ketikan di keyboard.
  3. Jangan berteriak, penggunaan huruf kapital pada semua kata dianggap sebagai TERIAKAN. Hindari hal ini, kecuali jika hendak memberi penekanan pada satu atau dua kata (Jika tidak bisa menggunakan huruf miring atau huruf tebal dalam pesan online)
  4. Berhati-hatilah dengan gurauan, dalam dunia online, persepsi atas sebuah kalimat bisa bermacam-macam, sehingga gurauan pun bisa dianggap sebagai hinaan atau kritikan tajam.
  5. Hindari kecerobohan, tetapi jangan mengkritik kecerobohan orang lain. Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa, tetapi jangan mengkritik kesalahan yang sama pada orang lain.(Bisa jadi mereka tidak menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu). Sebagaian besar perangkat lunak email mempunyai kemampuan pengecekan ejaan yang mudah digunakan.
  6. Jangan mengirim file lampiran yang berukuran sangat besar, kecuali jika diminta. Karena belum tentu si penerima mempunyai perangkat lunak untuk membuka file lampiran yang berukuran besar atau belum tentu di lokasi penerima bisa mendownload file lampiran berukuran besar dengan cepat.
  7. Ketika membalas email, kutiplah bagian yang benar-benar diperlukan. Jika hanya menanggapi sebagain masalah pada email yang sangat panjang, janganlah mengirim kembali keseluruhan isi email. Hal ini bisa dianggap mengharuskan si penerima untuk membaca keseluruhan email untuk mencari referensi dari tulisan anda. Sebagai gantinya, sunting tulisan aslinya ke dalam bentuk paragraf yang relevan lalu tempatkan respons anda dibawahnya
  8. jangan overforward, jangan meneruskan email kepada teman-teman tanpa memeriksa kebenaran dan kelayakan isinya dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai

Siklus hidup pengembangan sistem (SDLC)

Siklus hidup pengembangan sistem adalah proses langkah demi langkah yang diikuti oleh banyak organisasi selama analisis dan desain sistem. Berikut enam fase dalam analisis dan desain sistem : Melakukan investigasi awal  meliputi analisis awal, mengajukan solusi-solusi alternatif, mendeskripsikan biaya dan keuntungan, menyerahkan rencana awal. Menganalisis sistem  seperti mengumpulkan data, menganalisis data, menulis laporan. Mendesain sistem, diantaranya membuat desain awal, membuat desain yang detail, menulis laporan. Mengembangkan sistem, seperti mengembangkan atau mendapatkan perangkat lunak, mendapatkan perangkat keras, pengujian unit, pengujian sistem. Mengimplementasikan sistem, diantaranya implementasi langsung, implementasi pararel, implementasi bertahap, implementasi pilot, melatih pengguna. Memelihara sistem adalah menyesuaikan dan meningkatkan sistem dengan cara melakukan audit dan evaluasi secara periodik dan dengan membuat perubahan berdasarkan kondisi-kondisi baru. Sekian

Cara mengamankan komputer dan komunikasi

Sebelum masuk ke bagaimana cara mengamankan komputer dan komunikasi ? Kita akan mulai dari arti atau maksud dari keamanan itu sendiri. Keamanan adalah sistem penjagaan keamanan untuk melindungi teknologi informasi dari kerusakan, kegagalan sistem, dan akses yang tidak berwenang yang bisa mengakibatkan kehancuran atau kerugian. Berikut adalah cara untuk menjaga keamanan : Mencegah kejahatan komputer yaitu dengan cara memperkuat hukum, membuat tim respon komputer ketika ada kondisi darurat, install software yang mampu mendeteksi adanya aktivitas yg mencurigakan atau penyaring internet, melakukan pengawasan elektronik. Identifikasi dan akses . Pastikan user yang mengakses komputer adalah user yang memiliki hak akses yang sah yang dibuktikan dengan identitas seperti pin dan password atau biometrik (sidik jari). Enkripsi adalah proses mengubah data yang bisa dibaca ke dalam bentuk yang tidak bisa dibaca untuk mencegah akses dari orang yang tidak berhak. Melindungi perangkat lunak dan dat