Langsung ke konten utama

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai ...

Tempat diskusi online dan etika ketika melakukan percakapan online


Newsgroup adalah forum elektronik dimana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Terdapat ribuan forum di internet gratis dengan jumlah topik  yang sangat banyak. Ada juga yang berbayar semisal Meganetnews.com dan Corenews.com memungkinkan kita untuk mengakses lebih dari 100.000 newsgroup di seluruh dunia.

Listserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi yang sama. Contoh perusahaan Listserv adalah L-Soft's Listserv (www.lsoft.com) dan lain-lain.

BACA JUGA :

Real Time Chat adalah diskusi yang dilakukan ketika online pada waktu yang sama, seperti telepon namun tidak menggunakan lisan tapi menggunakan tulisan.

Ada beberapa aturan atau etika ketika melakukan percakapan online :

  1. Kunjungi FAQ (Frequently Asked Questions) atau daftar pertanyaan yang sering diajukan. FAQ menjelaskan norma-norma perilaku online pada group tertentu. Selalu baca FAQ pertama kali sebelum ada orang di forum yang memberitahu bahwa kita melakukan kesalahan.
  2. Hindari Flaming, flaming adalah tulisan pesan online yang menggunakan bahasa yang tidak sopan, bernada tinggi, atau berisi penghinaan. Flaming merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan seseorang karena ia gagal memahami FAQ atau memang tidak mau menjalankan net-etiket (meski hal tersebut bisa terjadi karena si pengirim tidak bisa mengontrol emosinya). Ada sesuatu yang berfungsi untuk memperlancar komunikasi online yaitu emoticon, pernyataan/ekspresi bergambar melalui ketikan di keyboard.
  3. Jangan berteriak, penggunaan huruf kapital pada semua kata dianggap sebagai TERIAKAN. Hindari hal ini, kecuali jika hendak memberi penekanan pada satu atau dua kata (Jika tidak bisa menggunakan huruf miring atau huruf tebal dalam pesan online)
  4. Berhati-hatilah dengan gurauan, dalam dunia online, persepsi atas sebuah kalimat bisa bermacam-macam, sehingga gurauan pun bisa dianggap sebagai hinaan atau kritikan tajam.
  5. Hindari kecerobohan, tetapi jangan mengkritik kecerobohan orang lain. Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa, tetapi jangan mengkritik kesalahan yang sama pada orang lain.(Bisa jadi mereka tidak menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu). Sebagaian besar perangkat lunak email mempunyai kemampuan pengecekan ejaan yang mudah digunakan.
  6. Jangan mengirim file lampiran yang berukuran sangat besar, kecuali jika diminta. Karena belum tentu si penerima mempunyai perangkat lunak untuk membuka file lampiran yang berukuran besar atau belum tentu di lokasi penerima bisa mendownload file lampiran berukuran besar dengan cepat.
  7. Ketika membalas email, kutiplah bagian yang benar-benar diperlukan. Jika hanya menanggapi sebagain masalah pada email yang sangat panjang, janganlah mengirim kembali keseluruhan isi email. Hal ini bisa dianggap mengharuskan si penerima untuk membaca keseluruhan email untuk mencari referensi dari tulisan anda. Sebagai gantinya, sunting tulisan aslinya ke dalam bentuk paragraf yang relevan lalu tempatkan respons anda dibawahnya
  8. jangan overforward, jangan meneruskan email kepada teman-teman tanpa memeriksa kebenaran dan kelayakan isinya dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perbedaan Monitor CRT, LCD, LED dan Plasma. langkah –langkah melakukan printing dengan menggunakan jaringan internet (pengetikan dokumen di : Tegal dan printing : di Jakarta). Jelaskan perbedaan cara kerja bluetooth dan infra red Pertama

    1. Jelaskan perbedaan Monitor CRT, LCD, LED dan Plasma CRT (Cathode Ray tube) Pengertian monitor CRT secara umum adalah ‘monitor cembung’ atau ‘monitor tabung’. Kelebihan Monitor CRT : • Harga relatif lebih murah • Warna lebih akurat dan tajam • Resolusi monitor fleksibel • Perawatan mudah • Bebas dead pixel, ghosting dan viewing angle Kekurangan Monitor CRT : • Konsumsi listrik yang lebih besar • Merusak mata • Sinar radiasi yang berakibat kurang baik untuk manusia, baik otak, mata dan sel rambut • Bergantung pada refreshrate • Rentan distorsi, glare dan flicker • Dimensi yang besar dan berat sehingga memakan banyak ruang LCD (Liquid Crystal Display) LCD merupakan Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan.Kelebihan Monitor LCD : • Kualitas gambar lebih jernih dan tajam • Menghasil...

Apa itu telephony dan multimedia

Internet telephony (Voice over Internet Protocol) atau VoIPphoning menggunakan jaringan untuk membuat sambungan telepon, baik untuk percakapan antar-dua orang maupun audio conference memungkinkan menelepon jarak jauh (SLJJ) dengan biaya lebih murah atau bahkan gratis. Semua ini dapat dilakukan tanpa harus memiliki komputer, karena cukup memakai pesawat telepon standar lalu menekan nomor tertentu yang kemudian akan memaketkan suara. Pc yang telah dilengkapi dengan kartu suara, mikrofon, modem yang tersambung ke ISP dan perangkat lunak internet telephony. Perangkat lunak telepon internet juga memungkinkan dilakukannya video conference. Tahun 1990 ketika web mulai beralih dari dunia teks menuju multimedia, banyak browser yang tidak bisa menangani beragam file gambar, video, dan audio. Untuk itu diperlukan adanya aplikasi eksternal bernama plug-in yang bisa ditempatkan pada sistem. Plug-in disebut juga player atau viewer adalah sebuah program yang bisa menambahkan beragam fitur khusus pada...

Apa itu cache serta cara kerjanya

Cache adalah penyimpanan yang menyimpan instruksi dan data yang sering digunakan komputer secara temporer, sehingga pemrosesan bisa berjalan lebih cepat. Chip SRAM sering digunakan sebagai cache. Ada tiga macam cache, yaitu : Cache level 1 (L1) bagian dari chip mikroprosesor : Cache level 1 (L1) atau cache internal berada di dalam chip prosessor. Berkisar antara 8 - 256 kilobyte, kapasitas cache L1 lebih kecil daripada cache L2 meskipun cache L1 bekerja lebih cepat. Cache level 2 (L2) bukan merupakan bagian bagian dari chip mikroprosesor : Cache jenis kedua inilah yang sering dicantumkan dalam iklan komputer. Cache level 2 (L2) atau cache eksternal terletak di luar chip prosesor dan terdiri dari chip - chip SRAM. Kapasitasnya berkisar antara 64 kilobyte sampai 2 megabyte. (Dalam iklan-iklan Intel, L2 disebut juga Advanced Transfer Cache). Cache L2 berukuran lebih besar daripada cache L1 (Komputer terbaru memiliki minimal cache L2 sebesar 512 kilobyte) dan sering digunakan untuk menguku...