Newsgroup adalah forum elektronik dimana para penggunanya bisa berdiskusi melalui tulisan tentang topik-topik tertentu. Terdapat ribuan forum di internet gratis dengan jumlah topik yang sangat banyak. Ada juga yang berbayar semisal Meganetnews.com dan Corenews.com memungkinkan kita untuk mengakses lebih dari 100.000 newsgroup di seluruh dunia.
Listserv adalah server milis yang secara otomatis mengirim email kepada para pelanggan yang berpartisipasi dalam topik diskusi yang sama. Contoh perusahaan Listserv adalah L-Soft's Listserv (www.lsoft.com) dan lain-lain.
BACA JUGA :
Real Time Chat adalah diskusi yang dilakukan ketika online pada waktu yang sama, seperti telepon namun tidak menggunakan lisan tapi menggunakan tulisan.
Ada beberapa aturan atau etika ketika melakukan percakapan online :
- Kunjungi FAQ (Frequently Asked Questions) atau daftar pertanyaan yang sering diajukan. FAQ menjelaskan norma-norma perilaku online pada group tertentu. Selalu baca FAQ pertama kali sebelum ada orang di forum yang memberitahu bahwa kita melakukan kesalahan.
- Hindari Flaming, flaming adalah tulisan pesan online yang menggunakan bahasa yang tidak sopan, bernada tinggi, atau berisi penghinaan. Flaming merupakan bentuk penyimpangan yang dilakukan seseorang karena ia gagal memahami FAQ atau memang tidak mau menjalankan net-etiket (meski hal tersebut bisa terjadi karena si pengirim tidak bisa mengontrol emosinya). Ada sesuatu yang berfungsi untuk memperlancar komunikasi online yaitu emoticon, pernyataan/ekspresi bergambar melalui ketikan di keyboard.
- Jangan berteriak, penggunaan huruf kapital pada semua kata dianggap sebagai TERIAKAN. Hindari hal ini, kecuali jika hendak memberi penekanan pada satu atau dua kata (Jika tidak bisa menggunakan huruf miring atau huruf tebal dalam pesan online)
- Berhati-hatilah dengan gurauan, dalam dunia online, persepsi atas sebuah kalimat bisa bermacam-macam, sehingga gurauan pun bisa dianggap sebagai hinaan atau kritikan tajam.
- Hindari kecerobohan, tetapi jangan mengkritik kecerobohan orang lain. Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa, tetapi jangan mengkritik kesalahan yang sama pada orang lain.(Bisa jadi mereka tidak menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu). Sebagaian besar perangkat lunak email mempunyai kemampuan pengecekan ejaan yang mudah digunakan.
- Jangan mengirim file lampiran yang berukuran sangat besar, kecuali jika diminta. Karena belum tentu si penerima mempunyai perangkat lunak untuk membuka file lampiran yang berukuran besar atau belum tentu di lokasi penerima bisa mendownload file lampiran berukuran besar dengan cepat.
- Ketika membalas email, kutiplah bagian yang benar-benar diperlukan. Jika hanya menanggapi sebagain masalah pada email yang sangat panjang, janganlah mengirim kembali keseluruhan isi email. Hal ini bisa dianggap mengharuskan si penerima untuk membaca keseluruhan email untuk mencari referensi dari tulisan anda. Sebagai gantinya, sunting tulisan aslinya ke dalam bentuk paragraf yang relevan lalu tempatkan respons anda dibawahnya
- jangan overforward, jangan meneruskan email kepada teman-teman tanpa memeriksa kebenaran dan kelayakan isinya dahulu.
Komentar
Posting Komentar