Langsung ke konten utama

Perbedaan information security dan computer security

Sebelum membahas tentang perbedaan information security dan computer security. Mari kita bahas empat aspek informasi security terlebih dahulu. Empat aspek tersebut terdiri dari privacy (confidentiality), integrity, autentication, availabilty. Aspek privacy atau confidentiality terkait dengan kerahasiaan informasi, bagaimana menjaga informasi agar tidak dapat dilihat atau diakses oleh yang tidak berhak. Aspek integrity adalah bagaimana menjaga informasi agar tetap utuh. Informasi tidak boleh di ubah, ditambah, atau dikurangi, kecuali mendapat izin dari pemilik Aspek autentication adalah bagaimana cara untuk mengetahui bahwa yang mengakses informasi hanyalah orang yang berhak, dan hanya orang yang berhak saja boleh membagikan informasi kepada orang lain. Aspek availability adalah informasi harus selalu tersedia pada saat dibutuhkan. Dari ke empat aspek diatas yang sudah anda baca baik computer security maupun information security kedua-duanya memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai ...

Konsep Dasar Algoritma dan Pemrograman

Hasil gambar untuk konsep dasar algoritma

Algoritma dan Program
1.Algoritma merupakan langkah detail yang ditujukan untuk komputer guna menyelesaikan suatu masalah.

2.Program merupakan kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa. Itulah sebabnya, sering dikatakan bahwa komputer mencakup 3 aspek penting, berupa hardware, software, dan brainware (program dan perangkat akal) atau orang yang berperan terhadap operasi komputer maupun pengembangan software. Dengan kata lain, program merupakan salah satu bagian penting pada komputer, yang mengatur komputer agar melakukan tindakan yang sesuai dengan yang dikehendaki oleh pembuatnya.

ØProgrammer: Orang yang membuat program
ØProgramming: Aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan program 

Bahasa tingkat tinggi
(Java, C++, Pascal, BASIC, dll)
  

BACA JUGA :



Bahasa tingkat rendah
                                           (Bahasa mesin dan rakitan
Penyelesaian Masalah dengan Program

Untuk menyelesaikan masalah dengan program, terdapat 3 langkah yang harus dilakukan oleh programmer, yaitu:
•Menganalisis masalah dan membuat algoritma

Kasus: Hitunglah keliling sebuah persegi panjang dengan
menggunakan rumus 2 x (panjang + lebar)
 
Algoritma tidak selamanya dinyatakan dalam Bahasa manusia seperti yang dicontohkan sebelumnya. Terkadang algoritma dinyatakan dalam bentuk pseudocode (bentuk algoritma yang menggunakan berbagai notasi yang dimaksudkan untuk menyederhanakan bentuk kalimat manusia).  Sebagai contoh, kalimat sepertiHitunglah keliling sebuah persegi panjang dengan menggunakan rumus 2 x (panjang + lebar) dapat disederhanakan menjadi:
1.i ß 1
2.jum ß 0
3.while i < 10
a.jum ß jum + i
b.i ß i + 1
write(i)

Ada kalanya algoritma disajikan dalam bentuk diagram alir (flowchart). Flowchart merupakan suatu standar untuk menggambarkan suatu proses. Setiap langkah dalam algoritma dinyatakan dengan sebuah symbol dan aliran setiap langkah (dari suatu langkah ke langkah yang lain) dinyatakan dengan garis yang dilengkapi dengan tanda panah. Contohnya sebagai berikut:
   
•Menuangkan algoritma ke dalam bentuk program

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
  double panjang;
  double lebar;
  double keliling;
 
  cout << "Masukkan Nilai Panjang = ";
  cin >> panjang;
      cout << "Masukkan Nilai Lebar = ";
      cin >> lebar;  
 
  keliling = 2 * (panjang + lebar);
 
  cout << “Keliling persegi panjang = ” << keliling << endl;
 
  return 0;
  Hubungan antara diagram alir dan program dapat dilihat pada ilustrasi dibawah ini
 
•Mengeksekusi dan menguji program
 
Setelah program dibuat dan dikompilasi, program perlu dijalankan untuk diuji kebenarannya. Ada beberapa kemungkinan kesalahan yang terjadi sewaktu proses kompilasi hingga pengeksekusian program, yaitu:
1.Kesalahan sintaks
2.Kesalahan logika
3.Kesalahan runtime
1)Kesalahan sintaks à biasanya disebabkan adanya kesalahan dalam menuliskan program yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa pemrograman. Misalnya, suatu pernyataan C++ tidak diakhiri dengan titik-koma, sementara kaidah Bahasa C++ mengharuskan setiap pernyataan harus diakhiri dengan titik-koma.
2)Kesalahan logika à biasanya terjadi karena ada logika yang salah. Misalnya, anda menuliskan 31.4 untuk menyatakan π (pi), padahal  yang benar adalah 3.14.
3)Kesalahan runtime à biasanya terjadi karena suatu operasi dalam program tidak dapat dilakukan oleh computer. Misalnya, jika terjadi operasi pembagian dengan nol, suatu pesan kesalahan akan ditampilkan, dan eksekusi program dihentikan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan tentang data mining

Di kutip dari buku wiliam and sawyer yang berjudul Using Technology Information edisi ke 7. Data mining adalah proses penyaringan dengan menggunakan komputer , dengan cara menganalisis sejumlah besar data untuk mendapatkan pola-pola dan makna tersembunyi dan untuk menemukan pengetahuan baru. Tujuan data mining adalah untuk mendeskripsikan tren lama dan memperkirakan tren yang akan datang. Dalam proses data mining, data diperoleh dan dipersiapkan untuk data warehouse melalui langkah-langkah berikut. Sumber data seperti transaksi point of sale, beragam jenis database , artikel, atau data warehouse. Penggabungan dan pembersihan data . Data dari sumber berbeda, baik data internal dari perusahaan sendiri atau data eksternal data yang dibeli dari perusahaan lain, harus digabungkan dan kemudian disatukan dalam suatu proses yang disebut data cleansing atau data scrubbing. Data dan meta-data . Proses pembersihan data menghasilkan data bersih dan data varian, yang dinamakan meta data. Memin...

Model-model database

Database hierarkis adalah database yang field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan, menyerupai diagram pohon, dengan record child (level lebih rendah) berada di bawah record parent (level yang lebih tinggi). Database hierarkis merupakan model tertua dan paling sederhana dari kelima model database. Model ini sangat bagus untuk sistem penyimpanan pita (tape storage) yang digunakan oleh mainframe pada 1970-an. Database jaringan adalah database yang sama dengan database hierarkis, namun setiap record child bisa memiliki lebih dari satu record parent. Record child yang dalam database disebut anggota, bisa dimiliki oleh lebih dari satu parent, yang disebut pemilik. Database jaringan pada dasarnya digunakan dengan mainframe, lebih fleksibel dibanding database hierarkis karena ada hubungan yang berbeda antarcabang data. Database relasional adalah database yang menghubungkan data pada file-file berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum. Contoh pr...

Perkembangan prosesor dan alat penyimpanan

Berikut perkembangan prosesor dan alat penyimpanan : Pada 3000 SM, abakus (sempoa) di temukan di babilonia. Pada tahun 1621, penggaris sorong ditemukan pertama kali oleh edmund gunther. Pada tahun 1642, mesin penjumlahan mekanis pertama di dunia ditemukan oleh Blaise Pascal. Pada tahun 1666, kalkulator mekanik pertama untuk penjumlahan dan pengurangan ditemukan oleh Samuel Morland Pada tahun 1801, digunakannya kartu berlubang (punch card) sebagai alat kontrol mesin tenun milik Jacquard. Pada tahun 1820, kalkulator pertama yang diproduksi secara massal. Pada tahun 1843, Programmer pertama di dunia, Ada lovelace, memublikasikan tulisannya. Pada tahun 1854, George Boole memublikasikan tulisan "Penelitian Tentang Dalil Berpikir Manusia", yakni sistem berisi simbol dan pemikiran logis yang kemudian dipakai sebagai dasar komputer. Pada tahun 1877, Thomas Edison menemukan gramofon (piringan hitam). Pada tahun 1890, untuk pertama kalinya, sistem kartu berlubang (punch card) menggunak...